Ulasan Seputar Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Mobil Bekas

Jika Anda merupakan seorang ayah atau ibu dengan beberapa orang anak dimana semuanya memerlukan sarana transportasi untuk melakukan kegiatan bersekolah ataupun kegiatan wisata, maka memiliki mobil sebaiknya dijadikan rencana yang perlu dianggarkan. Dengan sebuah mobil, Anda bisa mengantar anak-anak bersekolah, istri berbelanja dan Anda sendiri pergi ke kantor dengan lebih nyaman dan aman. Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, Anda memang harus mengeluarkan banyak uang karena harga mobil yang tak bisa dikatakan murah. Akan tetapi selalu ada cara untuk berhemat termasuk dalam membeli mobil. Anda bisa membeli mobil bekas yang memiliki harga lebih terjangkau dengan selisih yang cukup lumayan dengan mobil baru.

showroom-mobil-bekas-1-700x350

Mobil second memang bukanlah mobil baru yang memiliki tampilan asli dari pabrik tanpa ada lecet akibat penggunaan sebelumnya. Namun mobil second bukan berarti mobil yang kurang berkualitas. Sebuah mobil memiliki performa handal bukan hanya karena kondisinya saja namun juga dipengaruhi oleh perawatan yang dilakukan pemiliknya. Ada banyak jenis mobil second yang bisa Anda pilih dari mobil tua keluaran lama hingga mobil baru keluaran terbaru.

Untuk lebih memberi gambaran pasti pada Anda mengenai penggunaan mobil second, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan dari mobil second tersebut:

  1. Kelebihan.
  • Memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil baru bahkan dengan selisih yang cukup banyak.
  • Dapat juga dibayarkan dengan sistem cicilan seperti mobil baru karena sekarang leasing juga menerima permohonan kredit untuk pembelian mobil second.
  • Beberapa mobil sudah dimodifikasi oleh pemilik lamanya sehingga Anda bisa jadi akan memiliki mobil yang unik dan lebih menarik dibandingkan mobil baru.
  • Sudah memiliki pengalaman digunakan ke berbagai jenis medan sehingga mobil justru lebih handal dan kuat.
  • Mobil lama dinilai lebih kuat dalam segi body dibandingkan mobil baru yang mudah penyok.
  1. Kekurangan.
  • Bentuk interior mobil bekas yang mungkin tak seperti baru karena penggunaan sebelumnya.
  • Perlu melakukan service lengkap untuk memastikan kondisi mobil agar tak kalah dibandingkan mobil baru.
  • Kondisi body yang mungkin sudah memiliki goresan akibat penggunaan sebelumnya.
  • Anda perlu mengurus surat-surat dengan sedikit lebih rumit jika ingin memiliki mobil second dengan nama Anda sebagai pemiliknya secara langsung.
  • Perlu menstel kemudi agar sesuai dengan jangkauan Anda misalnya pada bagian tinggi dan jarak jog dari steer, kedalaman kopling dan sebagainya.
  • Jika Anda belum mengganti nama kepemilikan di BPKB, maka Anda harus berurusan dengan pemilik sebelumnya untuk membayar pajak tahunan.
  • Memerlukan waktu yang lama untuk mencari mobil second dengan tipe, kondisi dan harga jual yang diinginkan.

Dari berbagai kelebihan dan kekurangan di atas, Anda bisa memantapkan pilihan apakah ingin membeli mobil baru atau memilih membeli mobil bekas. Kini mobil second pun bisa Anda cari dengan lebih mudah melalui berbagai situs belanja online sehingga Anda bisa lebih menghemat waktu jika ingin mencari seri dan tahun pembuatan jenis mobil tertentu. Namun meski bisa melakukan transaksi secara online, sebaiknya tidak melakukan pembayaran atau uang muka sebelum melihat dan mengecek kondisi mobil secara langsung. Ada baiknya juga Anda meminta tolong teman atau kerabat yang lebih mengetahui mesin sebagai pemberi second opinion untuk mendapatkan mobil second yang berkualitas dan masih layak untuk digunakan hingga waktu yang cukup lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *