Tips Aman Untuk Nonton TV

Menonton adalah salah satu cara untuk mendapatkan hiburan dengan cara yang cukup mudah dan murah karena bisa dilakukan di rumah. Ketika Anda sudah merasa lelah dan penat dengan aktivitas sehari-hari, dengan menonton bisa membantu Anda untuk melepaskan stres. Ada juga beberapa orang yang menjadikan aktivitas menonton sebagai hobinya. Butuh waktu berjam-jam, bahkan bisa sampai satu hari penuh digunakan untuk menonton. Berbagai macam tayangan televisi, film, dan acara lainnya sehingga menjadikan menonton sebagai konsumsi wajib setiap harinya.

Ilustrasi smart TV

Ilustrasi smart TV

Jika mata Anda terlalu lama berfokus pada satu hal, terutama layar, maka dapat mengakibatkan mata Anda menjadi lelah. Tak hanya berdampak pada mata yang menyebabkan kelelahan, tapi juga bisa berdampak pada kesehatan Anda secara lebih luas. Bahkan, mungkin saja Anda pernah mendengar bahwa sering menonton televisi bisa mengakibatkan kebutaan pada mata.Karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat sedang menonton televisi agar aman.

Jangan Terlalu Lama

Pastinya, ada beberapa batasan waktu untuk kategori usia tertentu. Misalnya, pada anak usia di bawah dua tahun, minimalkan kontak dengan televisi. Pada usia tersebut, mereka masih belum bisa berkonsentrasi dan sebaiknya dialihkan dengan hal lain yang bisa lebih membantu perkembangannya. Tetapi, untuk anak dengan usia yang lebih besar, sekitar 6-7 tahun sudah mulai bisa menonton TV dalam waktu yang lebih lama, sekitar tiga jam sehari.

Walau memang, ada waktu-waktu tertentu di mana TV dinyalakan dalam waktu yang lebih lama, misalnya karena sedang menonton beberapa judul film seharian, Anda juga perlu beristirahat sebentar. Selain itu, jangan membiasakan diri untuk menyalakan TV seharian penuh tanpa menontonnya. Selain membuang-buang listrik, itu juga akan membuat panas yang dihasilkan oleh mesin lama-lama akan merusak komponen di dalamnya. Melakukan Service TV adalah tindakan yang harus Anda lakukan juga jika ternyata mesin TV Anda mengalami gangguan karena overheat.

Posisi yang Tepat

Karena ingin bersantai saat menonton, tentu kita ingin mendapatkan posisi yang nyaman. Tapi tanpa disadari, ternyata posisi tersebut tidak benar dan malah berdampak pada posisi tubuh yang salah. Misalnya, Anda jadi lebih sering menonton sambil tiduran, padahal posisi tersebut malah membuat mata Anda menjadi semakin lelah. Tak hanya itu, posisi duduk yang tidak baik juga berdampak pada bentuk tulang belakang dan bisa mengalami gangguan juga. Jangan lupa untuk menyempatkan meregangkan otot-otot dan mengalihkan pandangan sementara agar mata tidak terlalu lelah setelah berfokus cukup lama.

Jarak yang Benar

Tak hanya posisi tubuh yang bisa menyebabkan gangguan, bahkan jarak juga bisa mempengaruhi. Hal ini karena jarak yang benar antara layar TV dan mata setiap orang yang menontonnya adalah lima kali dari ukuran diagonal TV tersebut. Misalnya, jika TV di ruang tersebut memiliki ukuran 21 inchi, maka kurang lebih jarak yang tepat adalah sekitar dua meter lebih. Hal ini juga bisa dijadikan acuan sebelum melakukan peletakan perabotan di ruang tersebut.

Harus Terang

Usahakan untuk menjaga ruangan agar tetap memiliki pencahayaan yang baik dan terang. Jika di tempat yang gelap, Anda memaksa diri untuk menonton TV, maka pupil mata Anda akan membesar atau mencembung. Ternyata, hal inilah yang akan membuat mata Anda menjadi lebih mudah untuk lelah. Meski di bioskop lampunya dimatikan, tapi akan jauh lebih baik dan bijak jika Anda menyalakan lampunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *