TEMPAT-TEMPAT WISATA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI DI KOTA PEMATANGSIANTAR DAN KABUPATEN SIMALUNGUN, PROVINSI SUMATERA UTARA

Hispage.info – TEMPAT-TEMPAT WISATA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI DI KOTA PEMATANGSIANTAR DAN KABUPATEN SIMALUNGUN, PROVINSI SUMATERA UTARA, TEMPAT-TEMPAT WISATA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI DI KOTA PEMATANGSIANTAR DAN KABUPATEN SIMALUNGUN, PROVINSI SUMATERA UTARA

TEMPAT-TEMPAT WISATA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI DI KOTA PEMATANGSIANTAR DAN KABUPATEN SIMALUNGUN, PROVINSI SUMATERA UTARA

Halo semua Breinhard_Blog kali ini akan membahas tempat-tempat wisata yang ada di Kota terbesar kedua di Sumatera Utara yakni Pematangsiantar dan di salah satu Kabupaten Terbesar di Sumatera Utara  yakni Kabupaten  Simalungun. Berikut tempat-tempat wisata tersebut.


1.Lapangan Merdeka(taman bunga) dan Lapangan Adam Malik


Lapangan Merdeka atau yang orang Siantar sering menyebutnya Taman Bunga.Taman bunga terletak di Jalan Merdeka.Biasanya kawasan ini paling ramai dikunjungi pada saat jam 13.00 dan pada saat hari libur dan akhir pekan.Kawasan  ini paling banyak dikunjungi oleh para kaum muda-mudi sekedar untuk berkumpul maupun berkencan.Alasan orang-orang banyak mengunjungi taman bunga karena memang kawasan ini merupakan paru-paru Kota Pematangsiantar yang terletak di pusat kota dan dipenuhi oleh pepohonan yang rimbun yang membuatnya sangat asri dan sejuk. Selain itu, ditambah banyaknya pedagang-pedagang seperti penjual makanan, jagung bakar, dsb menambah daya tarik tempat ini.

Lapangan Adam Malik merupakan lapangan  Kota Pematangsiantar karena di tempat inilah diselanggarakan acara-acara resmi seperti Upacara HUT RI, tempat bazar, dan ditempat inilah dirayakan perayaan keagamaan dan pesta kembang api tahun baru. Letaknya yang terletak di pusat kota membuat lapangan ini ramai dikunjungi baik itu siang hari maupun malam hari. Di lapangan ini selain sebagai lapangan upacara, merupakan kawasan yang banyak hiburan-hiburan dan pedagang-pedagang seperti kereta-keretaan,mandi bola bagi anak-anak,pedagang-pedagang makanan dan tempat nongkrong yang nyaman. Selain itu,    Lapangan Adam Malik pada pagi harinya banyak dikunjungi antara jam 04.30-07.00 untuk berolahraga  dan jogging tertuatama pada hari Minggu.

2.Taman Hewan Pematangsiantar (Kebun Binatang Pematangsiantar)

Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) atau sebelumnya dikenal juga sebagai Kebun Binatang Siantar. Kebun binatang ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 27 November 1936 dengan luas areal sekitar 4.5 hektare. THPS berlokasi di Jl. Kapt. MH. Sitorus No. 10, Kota Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara. Sampai saat ini THPS masih mempertahankan statusnya sebagai kebun binatang yang terlengkap dan terbaik di wilayah Sumatera Utara. Koleksi satwa dan popularitasnya bahkan mengalahkan Kebun Binatang Medan dengan luas yang berpuluh kali lebih besar. Meskipun dengan berbagai keterbatasan seperti sempitnya ruang yang tersedia, kurangnya pendanaan serta pemahaman untuk proyek peremajaan eksibisi hewan, namun melalui usaha perawatan hewan yang cukup baik, THPS cukup berhasil dalam menjalankan peranannya sebagai lembaga konservasi serta dapat digolongkan sebagai salah satu kebun binatang yang terbaik di antara kebun binatang yang ada di Indonesia. Taman Hewan Pematangsiantar mengantongi izin berupa Surat Keputusan Menteri Kehutanan dengan Nomor. SK.84/Menhut-II/2007 yang dikeluarkan pada tanggal 15 Maret 2007.[1]
Baca selengkapnya di http://www.siantarzoo.com/ dan    http://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_Binatang_Pematang_Siantar

3. Vihara Avalokitesvara Pematang Siantar


Di urutan ketiga ada Vihara Avalokitesvara. Vihara ini terkenal karena patung Dewi Kwam Im, Vihara ini diresmikan pada tanggal 15 November 2005 dan proses pembuatan patung dewi Kwan Im membutuhkan waktu 3 tahun. Patung dewi Kwan Im langsung dibuat dan didatangkan dari Tiongkok. Tahun 2012 Viahara ini sempat terbakar  oleh sebab itu saat ini pun vihara ini masih dalam proses pembangunan. Patung tersebut merupakan patung Dewi tertinggi di Indonesia sangat tinggi yakni 22,8 m,saking tingginya dari kejauhan pastilah sudah terlihat patung tersebut. Vihara ini selain sebagai tempat ibadah bagi para umat Budha juga merupakan objek wisata yang sangat pas untuk dikunjung. Vihara ini terletak di Jalan pane tepatnya di Jalan Vihara. Untuk menjangkau tempat ini sangatlah mudah dan dapat dikunjungi dari berbagai arah, yakni melalui Siantar Square yang jalannya terhubung kesana, lalu melalui jalan Pane maupun Jalan Narumonda.Vihara ini merupakan tempat suci bagi umat Budha serta tempat indah dan menawan. Tempat ini sangat pas bagi anda pecinta fotografer atau sekedar selfie maupun sekedar berfoto.Di Vihara ini terdapat patung-patung yang unik, ornamen-ornamen Budha yang khas, dan dari sini kita dapat melihat keindahan pemandangan Kota Pematangsiantar serta keunikan lainnya. Ketika mengunjungi tempat ini kita sudah merasa selayaknya di Tiongkok.Vihara ini terbuka bagi siapa saja namun pada saat-saat tertentu Vihara ini ditutup karena upacara keagamaan, jadi berkunjunglah pada saat tepat.

4.Museum Simalungun

Tempat yang harus kamu kunjungi adalah Museum Simalungun.Museum ini terletak di jalan Sudirman dan dihapit oleh GKPS Sudirman dan Polresta Pematangsiantar. Museum Simalungun memiliki koleksi etnografi dan arkeologi mencapai 866 buah.Ketika memasukinya kita akan takjub akan keindahan koleksinya Terletak di Jalan Sudirman No. 20, Pematang Siantar,Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat,Kabupaten Simalungun,Sumatera Utara. Pembangunan museum ini dimulai pada April 1939 dan selesai pada Desember 1939. Semula museum ini disebut Rumah Pusaka Simalungun, diresmikan pada 30 April 1940. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang suka fotografer atau selfie.

5.Kolam Renang

Kota Pematangsiantar telah mempunyai beberapa kolam renang diantaranya : Kolam Renang Detis Sari Indah, Kolam Renang Tirta Tudha(Bahsorma), dan Kolam renang Siantar Hotel. Berkunjung ke kolam renang sampai saat ini masih digemari oleh masyarakat Pematangsiantar.Kebanyakan dari para pengunjung bertujuan untuk berolahraga berenang, bermain-main bahkan ada yang hanya untuk bersenang-senang saja. Kolam renang tersebut biasanya ramai saat akhir pekan yakni hari sabtu dan minggu.Berikut saya akan mengulasnya

*)Kolam Renang Detis Sari Indah

Kolam renang ini terletak di jalan Pematang, Pematangsiantar.Anda hanya perlu berhenti di Supermarket Suzuya lalu anda berjalan sedikit kebawah maka anda akan menemukan palang menuju Detis Sari Indah.Anda perlu berjalan sedikit kebawah hingga anda menemukan seperti gambar diatas. Dengan merogoh kocek Rp 8.000-, Anda sudah bisa menikmati berenang sepuasnya. Anda harus mengenakan pakaian khusus berenang, karena pihak Detis tidak mengijinkan anda berenang tanpa mengenakan pakaian renang. Detis Sari Indah memiliki 3 kolam.Kolam pertama kedalamannya <50 cm ,kolam kedua kedalamannya <120 cm, dan kolam ketiga ketiga kedalamannya 1 m hingga 2,5 m. Anda harus berhati-hati ketika di kolam ketiga, jangan sempat mencoba berenang ketika anda belum mahir karena kolam ketiga sangat dalam.

*)Kolam Renang Tirta Yudha

Kolam ini diresmikan oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewijk F.Paulus melaksanakan pengguntingan pita dan penanda tanganan prasasti oleh Danrindam I/BB Kol. Inf Teguh Arif Ndratmoko dalam rangka meresmikan Kolam Renang Tirta Wira Yudha Rindam I/BB dijalan Sisingamangaraja P.Siantar, sabtu (23/3/2013).
Danrindam I/BB dalam sambutannya mengatakan, kolam renang Tirta Yudha Rindam I/BB mempunyai sejarah dimana pembangunannya dimulai pada tahun 1980 lalu dengan nama kolam renang Bah Sorma. Pada tahun 1999 kolam tersebut tidak beroperasi  lagi sehingga mengalami kerusakan yang cukup parah dan tidak dapat beroperasional. Situasi tersebut berjalan hingga kurun waktu 13 (tiga belas) tahun. Atas izin dan dorongan Pangdam I/BB serta donator, maka pada 29 November 2012 lalu dilaksanakan pembangunan kembali sehingga pada sabtu 23 Maret 2012 yakni dalam kurun waktu 4 (empat) bulan secara resmi kolam renang dapat dioperasional-kan. Kolam renang tersebut merupakan salah satu sarana fasilitas yang dapat memberikan satu kontribusi kepada Pemko P.Siantar dan Pemkab Simalungun dalam pembinaan atlit renang sekaligus masyarakat Siantar-Simalungun sehingga terbentuk suatu wadah prestasi renang yang bernaung pada Tirta Wira Yudha Club. Menurut saya dari segi prasarana kolam renang ini merupakan kolam renang terbaik di Pematangsiantar.Kolam ini memiliki 3 kolam. Kedalamannya hampir sama dengan Kolam Detis. Bedanya, Kolam untuk anak-anak memiliki beberapa permainan air yang mengasyikan. Tirta Yudha juga memiliki prasarana yang masih baik,tempat terbuka hijau yang sangat cocok untuk bersantai selepas lelah berenang.

*)Kolam Renang Siantar Hotel

Kolam renang ini belum banyak diketahui oleh masyarakat Kota Pematangsiantar, karena tempatnya berada di salah satu hotel terbaik di Pematangsiantar yakni Siantar Hotel. Untuk mencapai kolam ini kamu harus berhenti di Taman Bunga ataupun ada beberapa angkot yang melewati kolam ini. Dengan tarif Rp 6.000-, maka kamu bisa berenang sepuasnya. Kolam renang ini mempunya 3 Kolam. Kolam ketiga merupakan kolam terdalam di Siantar menurut saya. Disini juga terdapat Fitness,namun harus membayar dengan tarif berbeda sehingga kamu boleh ngegym lalu berenang.

6.Sidamanik,Simalungun
Siapa tidak kenal dengan Sidamanik, sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Terletak 15 Km dari Kota Pematangsiantar dan lama tempuh sekitar 40 menit , Sidamanik menjadi tempat wisata favorit penduduk Kota Pematangsiantar maupun Kabupaten Simalungun. Di kecamatan ini menyimpan keindahan tersendiri yakni kebun tehnya. Udara segar nan sejuk serta kedamaian membuat banyak orang mengunjungi tempat ini. Di tempat ini kamu akan menemukan gugusan kebun teh yang indah, khusus bagi kamu yang gemar fotografi tempat ini sangat pas untuk berfoto maupun sekedar cumanselfie.

*) Air Terjun Bah Butong



Selain keindahan kebun tehnya, satu lagi bagian dari Sidamanik yang tak boleh dilewatakan yakni Air Terjun Bah Siak Sidamanik. Air terjun ini berada di tengah-tengan kebun teh dan dekat dengan pemukiman penduduk. Sebagian orang yang berkunjung melihat panorama perkebunan Teh, tidak mengetahui keberadaan air terjun ini. karena terletak di tengah perkebunan Teh Sidamanik. Kawasan Sidamanik ini terbagi atas 3 perkebunan, yaitu Kebun Teh Toba Sari, Kebun Teh Bah Butong dan Kebun Teh Sidamanik. Air Terjun Bah Biak ini, terletak di Perkebunan Teh unit Bah Butong. Untuk sampai ke air terjun ini, tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 15 menit saja dari jalan utama menggunakan kendaraan seperti sepeda motor atau mobil.
Setelah sampai tujuan, anda tidak langsung bisa melihat air terjun bah biak ini, karena harus turun melewati puluhan anak tangga. Anda bisa memarkirkan kendaraan atau beristirahat dan makan sejenak di sebuah warung sederhana, sebelum anda turun melihat air terjun tersebut. tidak ada pungutan biaya masuk, untuk Bisa melihat Air Terjun Bah Biak ini, namun anda hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja.

7.Pemandian Alam

Pemandian alam yang akan saya jelaskan tidak berada di Kota Pematangsiantar melainkan berada di Kabupaten Simalungun, yakni:

*)Pemandian Alam Sejuk (Timuran)


Pemandian Alam Sejuk (PAS) Timuran ini terletak di daerah Mariah Jambi Batu 8, Kabupaten Simalungun. Jarak dari kota Pematang Siantar adalah sekitar 12 km. Untuk mencapai lokasi wisata Timuran ini, Anda bisa mengambil jalur yang menuju ke daerah Asahan. Jalan ini dikenal dengan Jl. Raya Pematang Siantar – Asahan. Ikuti saja jalan tersebut dan perhatikan petunjuk jalannya. Pemerintah daerah Simalungun memang memberikan tanda jalan yang jelas yang memberikan gambaran jalan mana saja yang bisa ditempuh untuk sampai di lokasi ini. Jadi jangan khawatir tersesat di jalan karena petunjuk jalannya terpampang dengan jelasnya.
Perjalanan menuju ke Timuran memang bisa dikatakan sedikit memacu adrenalin. Untuk menuju ke kawasan wisata satu ini, Anda akan melalui kawasan perkebunan kepala sawit yang begitu luas. Jalan yang akan dilalui juga lumayan menantang yang berada di sepanjang kebun kelapa sawit tersebut. Setelah melewati kawasan kebun kelapa sawit, Anda akan segera sampai di kawasan wisata Pemandian Alam Sejuk (PAS).
Kawasan wisata Pemandian Alam Sejuk (PAS) Timuran ini tentunya menyuguhkan lokasi pemandian yang bisa dicoba. Jadi persiapkan baju ganti dari rumah jika ingin mandi di sini. Lokasi pemandiannya terlihat seperti sungai biasa. Tapi di balik itu ternyata tersimpan sebuah kelebihan dari tempat ini dibandingkan dengan sungai lainnya. Air yang ada di sana sangatlah jernih dan menyejukkan. Karena air tersubut datang dari mata air langsung sehingga kejernihan dan kesejukannya masih terjaga dengan baik. Anda bisa langsung mandi di sana untuk melepaskan penat dalam tubuh. Air dingin yang menyejukkan itu akan membuat tubuh rileks dan bugar kembali. Cocok bagi Anda yang sering dilanda stress karena pekerajaan.
Selain arena pemandian, Anda bisa menikmati wahana flying fox yang memacu adrenalin. Sangat cocok untuk semua usia baik dari anak-anak hingga dewasa. Peralatannya sudah sesuai standar keamanan dengan instruktur terlatih sehingga akan aman untuk dimainkan. Bagi yang hobi memancing, kawasan wisata Timuran ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyalurkan hobi tersebut.
*)Karang  Anyer

Lokasi wisata ini mengalir di areal Perkebunan Laras PTPN IV Bah Jambi yang berjarak sekitar 15 km dari Pematangsiantar. Berada di Nagori Karang Anyar, Kecamatan Gunung Maligas, kabupaten Simalungun, pemandian ini relatif mudah dijangkau. Hanya butuh sekitar 30 menit mengendarai sepeda motor atau mobil, Anda bisa langsung nyebur dan berendam sepuasnya. 

8.Parapat

Dari Parapat sendiri ada pelabuhan feri yang melayani perhubungan air ke Pulau Samosir tepatnya ke pelabuhan Ajibata. Bila tidak melalui Parapat, maka untuk mencapai Pulau Samosir lewat perhubungan darat seseorang harus mengitari tepian Danau Toba sampai ke Pangururan karena di sanalah Pulau Samosir berhubungan dengan daratan Pulau Sumatera.
Parapat sangat terkenal dengan keindahan danau tobanya. Kota ini menjadi objek wisata terkenal di Sumatera Utara. Bahkan, di era 1990-an, tepatnya sebelum tahun 1997, kota ini menjadi destinasi favorit para turis-turis luar negeri, terutama berasal dari Belanda, Malaysia, Singapura, Jerman, Jepang, Korea, bahkan ada juga yang berasal dari Amerika. Namun, pada tahun 1997, terjadi gejolak krisis moneter yang membuat para turis menjadi enggan berwisata ke tempat ini. Meski demikian, masyarakat Parapat dan pemerintah berjuang untuk memajukan pariwisata Parapat.
Bila berkunjung ke Parapat, kita akan menemukan beberapa tempat yang bisa kita kunjungi. Rumah pengasingan mantan Presiden RI yang pertama, Soekarno, ada di Parapat meski tidak banyak orang yang tahu keberadaannya. Ada juga beberapa kawasan tertentu dimana kita bisa berenang menikmati sejuknya air danau Toba, seperti di daerah Pantai Kasih, Pantai Ujung, dan beberapa kawasan lain disekitarnya. Sebagai informasi, masyarakat Parapat menyebut Pantai atau Pante untuk daerah yang memiliki pasir putih (dulunya;karena sekarang nyaris sulit menemukan pantai dengan pasir putih dipinggirannya). Selain berenang, Anda juga bisa menyewa speedboat atau sepeda air untuk menikmati pemandangan di sekitar danau Toba.
Untuk membeli oleh-oleh khas Parapat, Anda bisa membeli mangga dan kacang garing yang dimasak dengan menggunakan pasir. Jangan lupa juga mengunjungi beberapa kios suvenir yang menjual kerajinan-kerajinan khas suku Batak maupun khas danau Toba, yang terletak di sekitar Jalan Haranggaol dan dekat kawasan pantai yang disebut diatas.
*Batu Gantung

Batu gantung terletak di tebing perbukitan yang terletak di pinggir danau toba. Jaraknya kira-kira 3 Km dari Kota parapat. Untuk melihat batu Gantung dapat ditempuh dengan menggunakan Speed Boat atau kapal dengan waktu 45 menit.
Menurut informasi yang didapat dari pemuka adat setempat, batu gantung adalah Jelmaan dari seorang Gadis desa setempat yang bernama Seruni. Seruni selalu sedih dan murung karena kedua orang tuanya menjodohkannya dengan sepupunya sendiri yang tidak dicintainya. Dia (seruni) selalu bersama dengan seekor Anjing “si Toki”.
Suatu hari, Seruni dan anjing kesayangannya pergi ke Tepi perbukitan sambil merenungi nasibnya,tiba-tiba Seruni terperosok dalam sebuah lobang dan terjepit oleh Batu besar….
Seruni putus asa dan dia memohon kepada Tuhan (Na Boloni) untuk mati.
Akhirnya terjadi peristiwa di tempat itu, gempa, hujan badai dan angin kencang….
Keesokan harinya penduduk setempat melihat, ada sebentuk batu yang mirip dengan tubuh gadis dengan rambut hitam terurai yang melekat di salah satu tebing perbukitan di tepi Danau Toba.


#Terimakasih Untuk para blogger Se Sumatera Utara dan beberapa media massa online atas gambar-gambar dan kalimat yang telah saya copas J

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  TEMPAT-TEMPAT WISATA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI DI KOTA PEMATANGSIANTAR DAN KABUPATEN SIMALUNGUN, PROVINSI SUMATERA UTARA, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  TEMPAT-TEMPAT WISATA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI DI KOTA PEMATANGSIANTAR DAN KABUPATEN SIMALUNGUN, PROVINSI SUMATERA UTARA berguna untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *