Review Kredit iPhone 7 di Bukalapak Pake Kredivo

kredivo

Buka aja Bukalapak!

Pas lagi butuh hp baru pas bulan puasa kemarin, pas banget lewat iklan Bukalapak dengan taglinenya yang cukup bikin terngiang-ngiang di kuping.

Iya, gue beneran langsung buka situs Bukalapak kayak yang dibilang taglinenya. Lagi-lagi, pas banget juga, gue ngeliat banner promo soal cicilan tanpa kartu kredit di Bukalapak buat barang apa pun.

Dalem hati: hah, beneran bisa?

Awalnya, gue emang udah niat mau bayar cash via transfer ATM buat beli hp baru yang gue butuhin. Maklum, masih ada sisa duit THR kemaren, hehe. Kenapa nggak kredit aja? Ya karena gue nggak punya kartu kredit. Dan setau gue, kartu kredit itu jadi syarat utama buat bisa kredit barang. Ternyata jaman udah berubah dan gue ketinggalan. Kredit hape udah bisa tanpa kartu kredit dan tanpa dp! Asik gak tuh?

Ada dua pilihan cara kredit di Bukalapak tanpa kartu kredit, yang pertama pake Akulaku dan yang kedua pake Kredivo. Setelah gue bandingin keduanya, gue lebih prefer pake Kredivo. Alasan utamanya, karena bunganya paling rendah, cuma 2,95% per bulan dan tanpa dp. Sementara Akulaku bunganya lumayan tinggi dan perlu dp juga. Alasan keduanya lebih subjektif: gue lebih suka aplikasi Kredivo ketimbang Akulaku. Lebih jelas, clear, dan desainnya oke. Kalo penasaran, cek aja di sini.

Sebetulnya, gue emang agak ragu mau beli smartphone tunai karena itu artinya duit THR gue bakal ludes ga bersisa. Sementara, yang udah-udah, Lebaran itu lumayan nguras tabungan karena banyak kebutuhan. Pas banget ada solusi dari Kredivo dan Bukalapak, yaudah, gue pilih kredit aja. Lumayan, nggak pake dp, jadi THR gue bisa disisihin untuk bayar cicilannya aja.

Sebelum gue share step by step cara kredit smartphone di Bukalapak pake Kredivo. Pertama-tama, gue mau jelasin dulu nih cara daftar akun Kredivo. Kalo lo tertarik, pastiin lo udah punya akun atau daftar akun Kredivo dulu lewat aplikasinya yang bisa lo download di Google Play Store atau App Store. Syarat daftar akunnya juga gampang:

  1. WNI berusia minimum 18 tahun ke atas,
  2. Punya penghasilan tetap per bulan Rp 3 juta.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Denpasar, atau Medan.

Ada dua opsi kredit dari Kredivo: bayar dalam 30 hari tanpa bunga dan cicilan tenor 3, 6, atau 12 bulan, dengan bunga 2,95%. Buat yang bayar dalam 30 hari, plafon kredit maksimalnya bisa sampe Rp 3 juta, sementara buat yang cicilan tenor, plafon kredit maksimalnya bisa sampe Rp 20 juta. Nah, buat yang cicilan, minimum harga barang yang dibeli harus Rp 1,5 juta ke atas.

Udah, lo cuma perlu bayar cicilan per bulan dan bunganya aja. Kredivo nggak ngebebanin biaya tahunan atau uang muka. Tapi, kalo lo telat bayar cicilan, bakal dikenain denda keterlambatan sebesar 3%. Denda ini menurut gue masih make sense dan setara dengan denda keterlambatan kartu kredit konvensional.

Pas daftar, ikutin instruksi yang ada di aplikasi Kredivo. Lo bakal diminta hubungin akun Facebook untuk proses verifikasi, 1 akun e-commerce yang punya riwayat transaksi (nggak harus akun Bukalapak), upload foto KTP, bukti tempat tinggal (STNK & KK), dan bukti penghasilan. Setelahnya, tinggal nunggu proses approval dalam waktu kurang lebih 1 x 24 jam. Kalo diapprove, lo bakal dapat notifikasi dari aplikasi Kredivo soal status pengajuan dan juga plafon kredit yang dikasih.

Waktu gue daftar, gue dapet plafon yang kurang lebih sama jumlahnya sama bujet iPhone 7. heheheh. Kok nggak dapet Rp 20 juta? Jadi begini sob, setiap lembaga multifinansial yang gue tau, pasti punya pihak analis yang pertimbangin berapa besar kapasitas finansial kita buat bayar cicilan. Jadi, jumlah yang kita dapet itu pastinya udah sesuai sama kondisi keuangan kita.

Abis dapet plafon kredit dari Kredivo, gue langsung download aplikasi Bukalapak buat cari iPhone 7 buat gantiin iPhone 5S gue yang udah bapuk. Cara kredit di Bukalapak pake Kredivo juga gampang:

  1. Buka aplikasi, terus daftar atau login ke akun Bukalapak.
  2. Cari barang atau smartphone yang mau dibeli. Jangan lupa buat liat-liat review dan ulasan seller supaya lebih terjamin
  3. Kalo udah yakin, klik beli, dan isi data mulai dari nama pembeli, alamat pengiriman, dan jasa pengiriman.
  4. Lanjut ke pembayaran, pilih metode cicilan tanpa kartu kredit, dan pilih Kredivo.
  5. Di laman pembayaran Kredivo, login ke akun Kredivo dan pilih tenor cicilan sesuai kemampuan.
  6. Kredivo bakal nampilin simulasi kredit secara transparan sesuai tenor yang dipilih.
  7. Kalo setuju, lanjutin transaksi, check box agreement, dan masukin OTP yang dikirim lewat SMS.
  8. Transaksi selesai dan tinggal nunggu barang dikirim dalam waktu 3 – 7 hari kerja sesuai metode pengiriman.

Pas hpnya dateng, kebetulan sesuai spesifikasinya sama yang dikasihtau seller dan yang gue mau. Jadinya, gue nggak perlu ngajuin komplain atau refund. Cuma, namanya kredit online, kondisi barang cacat emang nggak bisa dihindarin. Tapi nggak usah khawatir, kalo lo ngalamin, lo tinggal ajuin refund dan pengembalian ke Bukalapak. Pastiin juga lo udah tau prosedurnya. Nantinya, limit akun Kredivo lo bakal dibalikin kayak semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *