Manfaat Memahami Fungsi dan Kegunaan Icon Toolbar dalam Post Editor ( Blogger )

Hispage.info – Manfaat Memahami Fungsi dan Kegunaan Icon Toolbar dalam Post Editor ( Blogger ), Manfaat Memahami Fungsi dan Kegunaan Icon Toolbar dalam Post Editor ( Blogger )

Manfaat Memahami Fungsi dan Kegunaan Icon Toolbar dalam Post Editor ( Blogger )

Apabila Anda ingin menulis sebuah postingan artikel di dalam halaman blog,maka di dalamnya ada simbol atau icon yang dapat di pergunakan untuk membantu Anda di dalam mengetik atau menulis informasi yang akan Anda sampaikan ke dunia maya nanti.Icon atau simbol yang tertera di dalamnya ini,mempunyai maksud tombol perintah dan tujuan untuk memperbaiki atau memperindah hasil dari ketikan yang Anda tulis biar enak bila dibaca atau di lihat nanti.Adapun manfaatnya untuk mengetahui hal itu,maka Anda sekarang bisa untuk mencobanya terlebih dahulu di dalam postingan artikel Anda.
Untuk memulainya coba Anda sekarang log in ke dalam dasbor blog milik Anda,dan di sini Anda langsung klik icon yang bergambar pencil.Biasanya jika Anda arahkan kursor ke dalam gambar pencil tersebut maka akan muncul tulisan”Buat entri baru”,nah di sini Anda langsung klik icon pencil tersebut.Setelah Anda klik nanti akan muncul tampilan halaman seperti pada contoh gambar di bawah ini,di mana di dalamnya ada icon toolbar yang akan Anda gunakan untuk mengedit tulisan apabila ada ketikan yang salah atau kurang maximal sampai benar-benar selesai dan siap untuk di terbitkan.

Keterangan dari simbol atau icon pada gambar tersebut adalah :

  1. Entri : tempat untuk mengetik judul artikel postingan Anda,misalnya seperti pada contoh gambar di atas yang Saya kasih judul “Cara Belajar dan Memahami Fungsi dari icon Toolbar Blogger”.
  2. Compose : menunjukkan posisi pengetikan/penulisan/pengeditan karakter dari isi artikel Anda saat ini,misalnya seperti pada gambar di atas yang menunjukkan bahwa sekarang ini berada di dalam posisi (post editor) compose.
  3. HTML : halaman yang memperlihatkan kode-kode dari karakter html.Sebagai contoh coba Anda sekarang beralih ke dalam posisi html dengan cara klik icon “HTML” tersebut.Maka nanti akan tampil halaman html dimana setelah tampilan html terbuka maka di sini Anda bisa mengedit tulisan lewat html,misalnya seperti tampilan pada editor blog Anda berbeda dengan tampilan pratinjau,menambahkan kode-kode html tertentu sebagai hiasan artikel dan mengedit susunan artikel yang kurang rapi.
  4. REDO : berguna untuk mengembalikan karakter yang telah terhapus atau mengembalikan karakter yang tidak sengaja ter-edit (di kembalikan seperti semula).
  5. UNDO : fungsinya sama seperti icon redo,icon ini berguna apabila ada perintah yang masih berfungsi (tidak transparan),tetapi jika icon ini sudah transparan maka tidak bisa di gunakan berarti tidak ada perintah untuk di laksanakan.
  6. F (font) : berfungsi untuk memilih/mengubah jenis huruf menurut yang Anda inginkan.Misalnya Anda ingin memakai jenis huruf “Arial” maka caranya blok tulisan yang ingin Anda ubah menjadi huruf Arial dengan cara klik,tahan lalu geser sampai menutupi tulisan yang akan di ubah lalu klik icon “F” dan cari tulisan Arial kemudian “Klik”…jadi dech.
  7. Simbol T : berfungsi untuk mengatur ukuran huruf yang Anda inginkan.Biasanya untuk ukuran normal atau default adalah 12px,13px,14px, di sini gunakanlah ukuran huruf yang semestinya atau sesuai dengan keinginan Anda supaya tulisan artikel nantinya enak di lihat dan di baca.
  8. NORMAL : fungsinya untuk memberikan seberapa pentingnya tulisan yang Anda ketikkan nanti.Misalnya seperti Heading (h2) yang biasanya di gunakan pada judul artikel,Subheading (h3) untuk sub judul,Minor Heading (h4) untuk bagian dari sub judul dan “Normal” sendiri berarti tidak ada bagian yang lebih penting dari yang lain.
  9. B (Bold) : untuk mempertebal tulisan yang ingin Anda tebalkan.
  10. I (italic) : untuk memiringkan karakter tulisan yang Anda inginkan.
  11. U (Underline) : untuk menggaris bawahi tulisan yang Anda inginkan.
  12. ABC : untuk memberikan garis pada tengah-tengah di dalam karakter yang ingin Anda beri garis di tengahnya.Misalnya Anda ingin memberi garis di tengah-tengah pada tulisan “nomer 123” ini.Anda klik icon ABC lalu ketik “nomer 123” ini,maka hasilnya nanti akan seperti nomer 123 ini.(dengan cara di blok juga bisa).
  13. A (Font Color) : untuk memberikan warna pada huruf yang Anda inginkan.Misalnya di sini Saya akan memberi warna pada tulisan merah,kuning,hijau di langit yang biru.
  14. Fungsinya icon ini adalah untuk memberikan warna dasar atau latar belakang (background) pada karakter tulisan yang Anda inginkan.Misalnya seperti pada tulisan ini : “contoh warna dasar background hijau“.
  15. Link : berfungsi untuk memberikan kode-kode tertentu yang akan mengarahkan seseorang jika meng-klik tulisan yang sudah di kasih kode tertentu tersebut.Misalnya seperti pada contoh tulisan cara mudah membuat sebuah blog ini,coba Anda klik nanti akan di arahkan ke halaman yang telah Anda klik tersebut.
  16. Bila ingin memasukkan sebuah gambar atau foto ke dalam artikel Anda,maka Anda bisa memasukkannya lewat icon yang satu ini.Klik icon tersebut maka nanti Anda akan di bawa ke tampilan yang akan menunjukkan di mana gambar atau foto Anda ingin di ambil.Dan sebagaimana hasilnya seperti pada contoh gambar yang Anda lihat di artikel Saya ini.
  17. Berfungsi untuk memasukkan video yang ingin Anda tampilkan di blog.Biasanya untuk menyisipkan video yang di upload harus tidak lebih dari 100 Mb.
  18. Berguna untuk memotong artikel agar tidak terlalu panjang bila tampil di homepage atau beranda.
  19. Icon ini berfungsi untuk mengatur posisi penulisan artikel Anda di dalam blog.Icon ini bisa di gunakan untuk mengatur tulisan Anda menjadi rata kanan,tengah,kiri,dan rata kanan kiri.
  20. Icon ini berfungsi untuk memberikan penomoran secara otomatis pada artikel Anda.Sebagaimana seperti yang Anda lihat di dalam artikel ini.
  21. Icon ini fungsinya adalah untuk memberikan tanda bullet pada artikel Anda secara otomatis juga.Coba Anda lihat di penjelasan mengenai tautan icon publikasikan,simpan,pratinjau,tutup, yang ada di bagian akhir artikel ini.
  22. Icon yang ini dapat di gunakan untuk membuat petikan kalimat yang menjorok ke tengah dan biasanya icon “qoute” ini di gunakan pada kalimat-kalimat kesimpulan di dalam artikel.
  23. Icon ini berfungsi untuk menghilangkan format pada tulisan untuk kembali normal seperti pertama kali Anda memulai menulis/mengetik karakter yang Anda buat.
  24. Icon ini berguna untuk mengecek spelling pada penulisan yang telah Anda buat,apakah ada tulisan yang salah ketik atau bahasa yang tidak baku pada tulisan artikel Anda. 
  25. Tempat untuk menulis isi dari keseluruhan artikel penting Anda mengenai hal-hal yang ingin di sampaikan ke dalam dunia maya (internet).

Setelan entri :     


A. Label : dapat di gunakan untuk memberikan kategori pada artikel Anda.Misalkan seperti pada contoh artikel yang berjudul “pentingnya rasa percaya diri dalam membuat website / blog” maka artikel ini bisa di beri label/kategori “Blog Tutorial”.Bila Anda ingin mempraktekannya di dalam artikel Anda,coba klik icon “Label” kemudian ketik nama label pada kotak yang telah tersedia dan setelah itu klik tulisan “Selesai”.

B. Jadwal : berfungsi untuk mengatur/mengedit waktu penerbitan artikel yang ingin Anda gunakan di dalam blog.
C. Link : berfungsi untuk melampirkan atau menyisipkan link otomatis yang ingin di gunakan pada artikel Anda.
D. Lokasi : fungsinya adalah untuk menentukan di mana lokasi Anda saat ini.Apabila ingin menentukan lokasi tempat tinggal Anda,klik saja tulisan “Lokasi” kemudian masukkan nama kota atau negara Anda pada kolom kotak putih yang telah tersedia di dalamnya lalu klik”Telusuri”.Bila nanti sudah di temukan tempatnya,maka Anda bisa melihat gambar petanya,terus klik saja tombol “Selesai”.
E. Deskripsi Penelusuran : fungsinya ini adalah untuk memasukkan penjelasan atau deskripsi tentang artikel Anda.Jangan sampai di isi sembarangan,kalau bisa sesuaikan dengan kondisi artikel Anda mengenai apa yang sebenarnya isi dari artikel yang Anda tulis.
F. Pilihan : fungsinya adalah untuk mengatur moderasi komentar di dalam artikel Anda ini apakah di izinkan atau tidak di izinkan,termasuk penafsiran HTML dan perintah Enter di dalamnya.

Sekarang Saya akan menerangkan satu persatu tentang kegunaan icon (tombol) yang ada di gambar yaitu icon Publikasikan,Simpan,Pratinjau,dan Tutup dalam toolbar blogger ini.

  • Publikasikan : berguna untuk menerbitkan hasil keseluruhan dari artikel (postingan) yang Anda rasa sudah selesai atau layak untuk di publikasikan/tampilkan ke internet dan otomatis juga menyimpan/memasukkan hasil artikel Anda tersebut ke dalam blog.
  • Simpan : berguna untuk menyimpan artikel di draft.Biasanya tombol ini di gunakan apabila artikel yang telah di buat belum selesai sepenuhnya karena kendala waktu atau hal-hal yang lain,oleh sebab itu maka kita dapat melanjutkannya di lain waktu.
  • Pratinjau : berguna untuk melihat hasil tampilan isi artikel dari post editor bila sudah jadi seperti apa hasilnya nanti di blog Anda (sebelum di publikasikan).Jadi di sini Anda bisa klik icon ini untuk melihat apakah ada ketikan yang salah atau kurang rapi dan Anda bisa kembali untuk memperbaruinya.
  • Tutup : berguna untuk menutup tampilan halaman post editor bila Anda ingin keluar atau menyudahi seluruh proses/kegiatan yang ada di halaman ini.

Sampai di sini dulu tutorial mengenai manfaat untuk mengetahui dan memahami icon-icon yang ada di dalam toolbar post editor blogger ini.Jangan lupa kunjungi pula artikel tentang “manfaat internet dan pengertian tombol perintah dalam menggunakan internet” ini,biar Anda nanti lebih mengenal dan memahami manfaat internet dengan lebih baik lagi.Semoga dengan adanya penjelasan dalam artikel ini,dapat memberikan sedikit informasi penting bagi Anda untuk mengenal lebih dekat lagi tentang fungsi dari kegunaan icon (simbol) toolbar tersebut.Dan semoga juga dapat memberikan Anda semangat atau motivasi untuk membuat artikel-artikel yang lebih menarik lagi dan yang bisa bermanfaat untuk orang lain.Terima Kasih atas waktu dan kunjungannya di blog ini.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Manfaat Memahami Fungsi dan Kegunaan Icon Toolbar dalam Post Editor ( Blogger ), Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Manfaat Memahami Fungsi dan Kegunaan Icon Toolbar dalam Post Editor ( Blogger ) berguna untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *