Makalah Internet Dan Blog

Hispage.info – Makalah Internet Dan Blog, Makalah Internet Dan Blog

Makalah Internet Dan Blog


    MAKALAH
Mengenai Internet Dan Blog
DI
S
U
S
U
N
OLEH :
Nurlina
Komputerisasi Akuntansi
AMIK MILLENIUM KOLAKA
2014 – 2015

KATA PENGANTAR
          Puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Denny selaku dosen mata kuliah tik dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyeleasaikan makalah ini.
         Dalam penyusunan makalah ini, pastinya tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak.  Maka pada kesempatan ini, penyusun ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak dosen yang telah membantu dengan materi yang telah disampaikannya pada setiap pertemuan mata kuliahnya dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyeleasaikan makalah ini.

         Kami selaku penyusun sangat menyadari bahwa dalam  penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sebagai masukan bagi penyusun. Akhir kata penyusun berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya. Atas segala perhatiannya penulis mengucapkan banyak terima kasih.
                                                                                                      Kolaka, 5 Juli 2014
                                                                                                           
Penulis


DAFTAR ISI
Kata Pengantar………………………………………………………………………………………….. i
Daftar ISI…………………………………………………………………………………………………. ii
BAB I PENDAHULUAN
          A. Latar Belakang………………………………………………………………………. …… 3
          B. Rumusan Masalah…………………………………………………………………… …… 3
          C. Tujuan Penulisan…………………………………………………………………….. …… 3
BAB II PEMBAHASAN
          I. 1.  Pengertian Internet………………………………………………………………. …… 4           
          I. 2.  Sejarah Internet…………………………………………………………………… …… 4
          I. 3.  Perangkat Untuk Mengakses Internet…………………………………….. …… 4
          I. 4.  Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet……………. …… 6
          I. 5.  Keuntungan Dan Kerugian Penggunaan Internet…………………….. …… 6
          II. 1. Pengertian Blog…………………………………………………………………… …… 7
          II. 2. Sejarah Blog……………………………………………………………………….. …… 8
          II. 3. Jenis – Jenis Blog………………………………………………………………… …… 8
          II. 4. Manfaat Blog……………………………………………………………………… …… 9
          II. 5. Dampak Nrgatif Penggunaan Internet……………………………………. …… 10
          II. 6. Cara Pembuatan Blog………………………………………………………….. …… 10
BAB III PENUTUP
          A. Kesimpulan……………………………………………………………………………. …… 12
          B. Saran……………………………………………………………………………………… …… 12
Daftar Pustaka…………………………………………………………………………………….. …… 13


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Dengan hadirnya  internet yang merupakan pengembangan teknologi  komunikasi dan informasi , maka semakin mudah mengakses  berbagai informasi secara internasional. Internet merupakan Interconnection Networking secara global karena merupakan salah satu sumber belajar bagi semua , karena dengan menggunakan internet orang dapat mengakses informasi- informasi secara cepat dan mudah . Bahkan berbagai sumber informasi dari berbagai media dapat dimodifikasi melalui internet.
Seperti yang kita ktahui Sumber informasi yang paling  diminati dewasa ini adalah internet. Jaringan komputer dibelahan dunia ini mampu menyajikan informasi secara lengkap dan aktual, yang mencakup hampir seluruh aspek kehidupan.
Penggunaan jasa layanan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Manfaat internet sebagai salah satu solusi untuk mengefisienkan berbagai kepentingan telah dirasakan oleh banyak kalangan.
Dilihat dari kondisi tersebut berkembang pula teknologi internet. Salah satunya adalah blog dimana dengan blog kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar. Dan dapat digunakan ajang untuk berbisnis.
B. Rumusan Masalah
Makalah ini disusun untuk memenuhi beberapa tujuan, salah satunya untuk memenuhi tugas mata kuliah Jaringan Komputer, yang diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kami berkaitan dengan mata kuliah tersebut khususnya yang berkaitan dengan Internet Dan Blog.
C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan pembahasan materi ini dengan rumusan masalah yang telah diuraikan, yaitu sebagai berikut.
1.                  Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Internet.
2.                  Untuk mengetahui bagaimana sejarah lahirnya Internet.
3.        Untuk mengetahui perangkat-perangkat apa saja yang di perlukan untuk mengakses internet.
4.                  Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan internet.
5.                  Untuk mengetahui keuntungan dan kerugian penggunaan internet.
6.                  Untuk mengetahui apa  yang dimaksud dengan Blog.
7.                  Untuk mengetahui bagaimana sejarah lahirnya Blog.
8.                  Untuk mengetahui jenis – jenis Blog.
9.                  Untuk mengetahui manfaat penggunaan Blog.
10.              Untuk mengetahui dampak negatif dari penggunaan Blog.
11.              Untuk mengetahui cara pembuatan Blog.
BAB II
PEMBAHASAN
I.  INTERNET
I.1. Pengertian Internet
Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network. Jika di terjemahkan secara langsung berarti jaringan yang saling terhubung . Internet adalah kumpulan dari computer yang saling terhubung satu dengan yang lain dalam satu jaringan. Disebut jaringan yang saling terhubung karena internet menghubungkan computer dan jaringan jaringan computer di seluruh dunia menjadi jaringan global. Internet ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
Atau dengan kata lain, definisi internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.
I. 2. Sejarah Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
I. 3. Perangkat Untuk Mengakses Internet
Perangkat untuk mengakses internet ada 2 , yaitu perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau  software.
*      Perangkat Keras
1. Perangkat Komputer
            Perangkat komputer atau PC adalah hal utama yang harus kita miliki. PC sendiri bisa juga digantikan dengan laptop atau netbook. Perangkat inilah yang nanti kita gunakan untuk menjelajah atau berselancar di dunia maya. Oleh karena itu, untuk kenyamanan dalam menjelajah internet, komputer yang kita gunakan harus punya spek yang bagus.
2. Modem
            Modem adalah alat yang digunakan mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, dan memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem sendiri banyak sekali jenisnya, ada modem internal dan exsternal.
3.  Jaringan Telphon Kabel
            Jaringan telphon adalah hal penting yang harus kita miliki untuk mendapatkan koneksi internet. Karena ini adalah media yang akan menghubungkan antara perangkat komputer kita dengan jaringan internet di dunia. Tetapi sekarang untuk menikmati internet di rumah bisa juga tanpa menggunakan jaringan telephone.
4.  Kartu Jaringan
            Kartu jaringan atau LAN Card yaitu perangkat yang harus ada dalam komputer kita. Kartu jaringan dipasang di komputer apabila kita ingin komputer kita terhubung dengan komputer lain dalam sebuah jaringan local (LAN). Kartu jaringan memungkinkan sebuah komputer berkomunikasi dengan komputer yang lain.
5. Switch
            Switch adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan banyak komputer dalam satu jaringan kabel. Dengan alat ini, jaringan internet dari modem bisa kita sebar atau kita gunakan ke banyak PC atau komputer. Biasanya digunakan di warnet atau instalasi jaringan di perkantoran dengan jumlah PC yang banyak.
6. Bridge
 Bridge adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama atau sejenis. Dengan peragkat ini, maka sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain. Sangat membantu ketika kita memiliki 2 PC.
7. Router
 Router merupakan perangkat yang berfungsi hampir sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkjan dua buah LAN dengan tipe berbeda.
*  Perangkat Lunak
1. INTERNET EXPLORER
Internet explorer merupakan browser bawaan dari sistem operasi Windows. Saat ini, Internet explorer sudah mengeluarkan berbagai versi.
2.  MOZILLA FIREFOX
  Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antarplatform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.
 3. GOOGLE CHROME
            Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Google Chrome adalah browser yang dibuat dengan desain praktis agar Anda dapat mengakses Web dengan lebih cepat, mudah, dan aman.
4. SKYPE
 Skypeadalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) atau video berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.
5. YAHOO MESSENGER
Yahoo! Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.
6. SOFTWARE MAIL
            Software Mail merupakan suatu software/ perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses berkirim surat elektronik/ elektronik mail (e-mail), antara lain Outlook Express/ Internet Mail dan Netscape Mail.
I. 4. Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Internet
1.  UNIT KOMPUTER
Komputer sangat berperan dalam kecepatan akses, karena didalamnya terdapat harddisk, RAM, processor. Bila harddisk berkecepatan endah, maka kecepatan akses pun ikut rendah. Begitu pula RAM danprocessor.
2. MODEM
                Modem punya kecepatan yang berbeda-beda. modem yang sering digunakan berkecepatan 56 kbps.
3. JARINGAN KOMUNIKASI UNTUK AKSES INTERNET
Untuk akses internet kita bisa gunakan line telepon, CDMA, GPRS, & Satelit. Yang masing-masing punya kecepatan berbeda dan danyang paling rendah adalah line telepon.
4. BESAR BANDWITCH
                Bandwitch adalah luas/ lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi.
5. Jumlah Pengguna yang mengakses server bersamaan
                Akses internet padajam-jam tertentu kadang sangat lamban, dikarenakan penggunaan internet secara bersamaan.
I. 5. Keuntungan Dan Kerugian Penggunaan Internet
*  Keuntungan
Ada banyak sekali keuntungan mengenal dan menggunakan internet, di antaranya :
a.    Sebagai Alat Komunikasi
Dengan internet kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja tanpa batasan geografis, missal, email, chatting, jejaring social , transfer data dll.
b. Alat Searching ( Pencarian )
Kita dapat menemukan informasi ataupun segala sesuatu yang kita cari di mesin pencarian cepat, dengan memasukan kata kunci tertentu.
c. Tempat Belanja Online
Jika kita mencari barang di sekitar tempat tinggal kita susah, maka kita dapat mencari nya di situs situs tempat belanja online.
d.  Media Hiburan
Di dalam internet terdapat banyak layanan untuk mendownload salah satunya adalah mendonwload permainan, ada bnyak permainan yang dapat kita download sesuka hati kita.
e. Tempat belajar Online
Dengan internet kita bisa mencari bahan belajar ataupun sharing pelajaran dengan teman Jarak Jauh, .
f. Layanan
Internet banyak menyediakan layanan guna mempermudah dan memanjakan penggunanya seperti E-Bangking, pemesanan tiket dll.
Selain keuntungan di atas, masih banyak lagi keuntungan yang kita peroleh dari internet.
*  Kerugian Internet
Sekalipun banyak keuntungan yang kita peroleh dari internet, bukan berarti internet tidak mempunyai kerugian, diantaranya :
a. Hacking
Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan sistem jaringan
b. Pornografi
Dalam internet terdapat banyak situs porno yang dapat dengan mudah di masuki atau di akses oleh anak di bawah umur, hal ini tentu sangat bepengaruh buruk bagi pribadi maupun orang lain.
c. Penipuan
Dibutuhkan kejelian dalam menggunakan internet, khususnya dalam bidang bisnis, karna sekarang banyak sekali bentuk penipuan dengan menggunakan jebakan jebakan kepada pengguna intenet.
d. Ancaman Virus
e. Keasyikan chatting atau mengobrol dengan teman melalui jejaring social sehingga lupa waktu.
f. Dengan Mudah Orang dapat menjiplak karya Orang lain.
II . BLOG
II. 1. Pengertian Blog
Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Istilah blog  pertamakali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri.
Seiring dengan perkembangn weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para Blogger.
Blogger adalah para pembuat Blog. Dimana, melalui blog yang dibuat oleh blogger, kepribadian blogger menjadi lebih mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
II. 2. Sejarah Blog
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
II.3. Jenis – Jenis Blog
1. Blog Pribadi
Blog pribadi, blog ini berisi tentang catatan keseharian seseorang tentang puisi yang dibuat oleh seseorang atau lebih seperti buku harian biasanya juga berisi gagasan atau ide seseorang mengenai apa yang dikerjakannya.
2. Blog Bertopik
Blog bertopik, blog ini berisi topik-topik tertentu yang selinier atau berisi konten satu tema dan berfokus pada pembahasan tertentu.
       3.  Blog Kesehatan
Blog kesehatan, yaitu berisi mengenai konten yang berhubungan dengan kesehatan seperti keluhan kesehatan, pengobatan-pengobatan tradisional atau perkembangan peralatan kesehatan terbaru dan lain-lain
4. Blog Sastra
Blog sastra, atau lebih dikenal sebagai litblog literary blog
5.   Blog Perjalanan
Blog perjalanan, adalah blog yang menceritakan tentang pengalaman-pengalaman dalam perjalanan seperti traveling, naik gunung, camping, dan yang berhubungan dengan pengalaman-pengalaman perjalanan.
6. Blog Riset
Blog riset, adalah blog yang membahas mengenai riset-riset terbaru atau info-info tentang riset, mekanisme riset atau yang berhubungan dengan riset.
7. Blog Hukum
Blog hukum, adalah blog yang membahas bagaimana mekanisme mengatasi masalah hokum, aturan-aturan dan undang-undang serta konten konten yang berhubungan dengan hokum.
8.  Blog Media
Blog media, blog ini biasanya nempel pada website media fungsinya sama adalah menyebarkan berita terbaru mengenai peristiwa-persitiwa yang terjadi saat ini.
9. Blog Agama
Blog agama, blog ini berisi tentang agama.
10.  Blog Pendidikan
Blog pendidikan, blog ini berisi tentang mata pelajaran atau mata kuliah atau pembahasan soal-soal tertentu. Biasanya blog ini dibuat oleh guru atau siswa sebagai media pembelajaran. Manfaat dibuatnya blog ini adalah agar ilmu-ilmu yang ditransfer oleh guru kalau dituliskan didalam sebuah blog maka ketika kita lupa kita cukup membuka lewat hp,atau tablet yang kita miliki.
11.  Blog Organisasi
Blog organisasi, blog ini berisi topic yang lebih spesifik mengenai tema tertentu dan biasanya blog ini tertutup untuk kalangan umum.
12. Blog Petunjuk
Blog petunjuk directory, blog  ini berisi ratusan bahkan ribuan link website dilengkapi dengan deskripsi blog yang dicari oleh pengguna internet.
13. Blog Bisnis
Blog bisnis, blog yang biasa digunakan untuk promosi barang ternentu biasanya dibuat oleh suatu perusahaan untuk mendongkrak penjualan produk yang mereka jual, blog ini biasanya tidak hanya satu dalam satu perusahaan ada banyak blog dan tentunya mempunyai SEO yang bagus.
14.  Blog Animal
Blog animal, berisi tentang hewan-hewan dan hobi-hobi yang berhubungan dengan memelihara hewan.
15. Blog Pengganggu (Spam)
Blog pengganggu (spam) , digunakan untuk promosi bisnis affiliate juga dikeanl sebagai splog (spamblog)
16.Blog Virus
Blog virus, digunakan untuk menyebarkan virus yang mereka buat, blog ini bersifat merusak.
I. 4. Manfaat Blog
Blog sendiri sebenarnya ada banyak, namun fungsi Manfaat dan Kegunaan Blog semuanya hampir sama. Mungkin beberapa sudah merasakan beberapa manfaat blog yang bisa dipetik, sepeti manfaat sharing, manfaat ilmu, dan sebagainya. Namun masih ada orang awam yang tidak mengerti apa itu blog, serta apa manfaat dan kegunaan blog sendiri. Manfaat ngeblog yang bisa kita dapatkan yaitu :
Berbagi dengan Orang Lain
Blog saat ini sudah berkembang sebagai media pembelajaran. Anda bisa berbagi ilmu anda melalui blog dengan mudah. Sehingga, anda bisa berbagi kepada orang lain di seluruh dunia dengan media ini. Misal, anda memiliki ilmu mengenai gadget, anda bisa berbaginya dengan teman anda di Amerika Serikat, ataupun yang ada di Surabaya.
Blog Media Kreatifitas
Kreatifitas tentunya tidak hanya berupa menggambar, melukis, atau hal yang lainnya. Kreatifitas juga merupakan bentuk tulisan. Dengan mempunyai blog, anda bisa melatih kreatifitas anda saat menulis di blog. Karena anda dituntut untuk membuat artikel yang unik, inspiratif, dan juga kreatif.
Sebagai Media Mencari Teman
Tidak hanya dengan Facebook, Twitter untuk mencari teman. Karena dengan blog sendiri, kita bisa mencari teman dari berbagai tempat. Saya sendiri sudah memiliki banyak teman dari berbagai tempat seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, Palembang, Kalimantan, bahkan ada yang dari luar negeri.
Blog Sarana Mencari Uang
Tidak hanya mencari teman, mengasah kreatifitas, Blog juga bisa bermanfat untuk mencari uang. Namun tentunya tidak mudah untuk menghasilkan uang dari Blog. Harus memiliki jiwa bekerja keras dan juga mau berusaha untuk bisa Menghasilkan uang dari blog.
Blog Sebagai Identitas
Blog juga bisa berguna sebagai identitas. Yang dimaksud disini adalah bisa identitas personal, perusahaan, atau identitas grup dan sejenisnya. Karena dengna Blog, kita bisa berkomunikasi dengan teman, client, partner, atau bahkan pelanggan. Sehingga anda lebih leluasa untuk menjelaskan seperti apa yang anda atau seperti apa yang anda tawarkan kepada mereka.
I. 5. Dampak Negatig  Penggunaan Blog
Selain banyaknya manfaat penggunaan Blog, namun pada dasarnya penggunaan blog juga memiliki dampak negatif, diantarannya :
          Menjadi sarana penyebaran pornografi
          Menjadi tempat perusakan ahlak bagi mereka yang tidak mengetahui
          Menjadi saran menyesatkan bagi sebahagian ilmu dunia walau tidak semuanya
          Sebagai tempat penyebaran virus
I. 6. Cara Pembuatan Blog
Salah satupenyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah  blogspot atau blogger, dimana ketika mendaftar adalah melalui situs blogger.com namun nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, contoh : contohsaja.blogspot.com
Perlu ditekankan dari awal bahwa internet itu sifatnya sangat dinamis, sehingga mungkin saja dalam beberapa waktu kedepan panduan membuat blog di blogspot ini akan sedikit berbeda dengan apa yang anda lihat di blogger.com. Untuk mengurangi hal yang tidak perlu di tulis, berikut cara membuat blogger di blogger.com, yaitu :
      1. Membuat Email
Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di gmailkarena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email gmail. Jika anda belum paham bagaimana cara membuat email, silahkan gunakan mesin pencari google untuk mencari panduannya.
2.  Daftar Blog di blogger
  1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
  2. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan atas, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah dipahami. Silahkan langsung login dengan menggunakan username serta password gmail anda ( akun email anda bisa untuk login ke blogger).
  1. Klik tombol bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.
  2. Isilah nama judul blog serta alamat blog yang di inginkan. Ingat! dalam membuat alamat blog harus benar-benar serius karena itu permanen tidak dapat digantikan lagi (kecuali nanti ganti dengan custom domain). Jika alamat yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan, masukkan kembali alamat lain yang masih tersedia. Jika alamat blog yang diinginkan masih tersedia, silahkan klik anak panah bertuliskan LANJUTKAN.
  3. Silahkan pilih template yang anda sukai ( template ini nanti bisa diubah lagi kapan saja anda mau), kemudian klik LANJUTKAN.
  4. Akan ada tulisan “Blog Anda Sudah Jadi!”. Silahkan lanjutkan dengan klik tombol MULAI BLOGGING.
  5. Setelah masuk post editor, silahkan isi apa saja ( disarankan untuk langsung mengisi posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik blogger, dan blog anda akan di lock). Contoh : hello world. Klik Tombol PRATINJAU untuk melihat tampilan yang nanti akan muncul di blog, klik tombol TERBITKAN ENTRI jika posting anda mau dipublikasikan ke publik.
  6. Klik “Lihat Entri” untuk melihat blog anda.
  7. Selesai.


BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan    
Dari pembahasan di atas penulis menyimpulkan bahwa internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Dan dari pengembangan teknologi internet lahirlah salah satu media infomasi dan komunikasi yaitu Blog dimana dengan blog kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar. Karena blog  itu sendiri adalah kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri. Dan dari pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini banyak manfaat yang dapat kita rasakan  namun dari sekian banyak manfaat yang di rasakan tidak dapat di pungkiri bahwa banyak pula sisi negatif dari media informasi tersebut.
B. Saran
Dari kesimpulan di atas maka di harapkan  pengguna  teknologi sistem  informasi internet ataupun blog sebaiknya menggunakan media informasi dalam hal-hal yang positif  bukan dalam hal-hal negatif.
                              
DAFTAR PUSTAKA
MalayantiWindara(2013).MakalahSejarah Perkembangan Internet.from                 http://Windaandro.blogspot.com, 1 Juni 2014.
 NugrohoBudi(2013). Pengertian-Internet- atau- Definisi -Internet.from            http://budinugroho24.wordpress.com, 1 Juni 2014.
AliMuftiMuhammad(2014).Makalah-Tentang-Internet.from             http://muftiali11ips2.blogspot.com, 1 Juni 2014.
           Aingindra(2013).Manfaat-Dan-Kegunaan-Blog.from www.aingindra.com,
 1 Juni 2014.
          Ahmad Roqib(2012).Jenis-Jenis-blog.from www.musroqib.com,
1 Juni 2014
          Sahabat Cinta(2009).Makalah Blog. from http://makalahblogkoe.blogspot.com,
            1 Juni 2014.
bsi121pontianak(2011).Makalah Pembuatan Blog.from www.blogblog.com,
           1 Juni 2014.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Makalah Internet Dan Blog, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Makalah Internet Dan Blog berguna untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *