Error
  • Error loading feed data

Kakan Kemenag Kampar Beri Pembinaan di 4 KUA

Kampar (Humas)- Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Fairus MA di dampingi Kasi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Drs H Syafrizal Aziz beserta Staf memberikan pembinaan, bimbingan dan pemeriksaan administrasi , Selasa (26/02) di empat Kantor Urusan Agama (KUA). Empat Kecamatan tersebut yakni, KUA Kec. Kampar Kiri Tengah, KUA Kec. Kampar Kiri, KUA Kec. Kampar Kiri Hulu dan KUA Kec. Gunung Sahilan. Hal ini dilaksanakan Dalam rangka mengoptimalkan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya di Kantor Urusan Agama Kab. Kampar.

Dalam pembinaan, bimbingan sekaligus pemeriksaan administrasi tersebut Fairus kembali mengatakan, tugas dari Kepala KUA bukan hanya sekedar menangani masalah Nikah dan rujuk saja, melainkan juga menyangkut masalah keagamaan. Masalah keagamaan yang di maksud adalah, setiap Kepala KUAdan penghulu wajib berperan aktif dalam menyelengarakan hari-hari besar Islam, seperti hari raya id, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Peringatan Isra’ Mikraj Nabi MuhammadSAW dan hari besar Islam Lainnya.

Kepada Kepala KUA dan staf Fairus menegaskan, agar senantiasa mengisi wirid-wirid pengajian, mengisi Khutbah Jum’at yang telah di jadwalkan, memakmurkan Masjid dan Musholla tempat tinggal (marakkan lagi Remaja Masjid), dan hal-hal yang menyangkut tentang pembinaan umat. Fairus juga menegaskan kepada seluruh pegawai KUA baik PNS maupun non PNS untuk meningkatkan kedisiplinan dan etos kerja. Karena, tahun ini setiap tiga bulan sekali, absensi pegawai akan dikirim ke Inspektorat Jenderal Kementerian Agama di Jakarta. “ Sudah 67 Tahun Usia Kementerian Agama, Baru Tahun ini Absen dikirim ke Jakarta” ungkapnya.

Selain itu, Fairus mengatakan bahwasanya ada tujuh fungsi KUA, ke tujuh fungsi tersebut meliputi : yang pertama, pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pecatatan, dan pelaporan nikah dan rujuk. Yang kedua, penyusunan statistik, dokumentasi dan pengelolaan sistem informasi manajemen KUA. yang ketiga, pelaksanaan tata usaha dan rumah tangga KUA. yang ke empat pelayanan bimbingan keluarga sakinah. Yang ke lima, pelayanan bimbingan kemasjidan. Yang ke enam, pelayanan bimbingan pembinaan syari’ah dan yang ketujuh, penyelenggaraan fungsi lain dibidang Agama Islam yang ditugaskan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota.

Lebih Lanjut Fairus mengatakan, Kepala KUA dalam melaksanakan tugas dan fungsinya wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi baik didalam lingkungan KUA maupun dalam hubungan antar pemerintah, baik pusat maupun daerah. Kepala KUA juga wajib menyusun dan mengembangkan kebijakan, program, serta kegiatan berdasarkan rencana strategis yang telah ditetapkan dengan menerapkan asas pemerintahan yang efektif, efisien, bersih, dan akuntabel. Dengan menerapkan hal tersebut, mudah-mudahan citra Kementerian Agama dari tahun ke tahun semakin baik sesui dengan apa yang kita harapkan bersama, tutupnya. (ags)

  • ru.jpg
  • ru1.jpg
  • ru2.jpg
  • ru3.jpg
  • ru4.jpg
  • ru5.jpg

Utama Terkini 2015

Utama Live Streaming

Update Facebook

 

 

 

Radio Utama 2015 by Alunk' prima putra