Hindari Rentenir! 3 Keunggulan Lebih Memilih Pinjaman Tanpa Jaminan

bandicam 2016-06-15 12-48-07-906

Membutuhkan biaya yang mendesak seringkali membuat banyak orang yang mengambil jalan pintas. Salah satunya adalah dengan meminjam uang ke rentenir. Padahal seperti diketahui, meminjam ke rentenir seringkali membawa masalah baru. Lebih baik menghindari meminjam ke rentenir dan memilih pinjaman tanpa jaminan. Apalagi dengan 3 keunggulannya seperti ini.

  1. Pinjaman yang Lebih Fleksibel

Banyak sekali pihak yang apabila ingin meminjamkan dana maka memiliki peraturan yang cukup rumit. Salah satu peraturan yang paling utama adalah dana yang digunakan mestilah untuk sesuatu yang dianggap mereka penting. Peraturan ini seringkali menjadi pengganjal bagi mereka yang ingin meminjam uang karena kebutuhan pribadi yang mendesak.

Apalagi keinginan tersebut tidak tercantum dalam persyaratan pihak peminjam. Pastinya uang pinjaman dari pihak mereka akan sangat sulit diberikan. Cerita akan menjadi lain apabila Anda lebih memilih pinjaman dengan tipe yang satu ini. Keunggulan pertamanya adalah lebih fleksibel dalam pemberian dana pinjaman untuk konsumennya.

Dalam arti kata lain, konsumen diberikan kebebasan sepenuhnya untuk menggunakan dana pinjaman untuk kebutuhannya. Bahkan tidak terkecuali untuk keperluan yang konsumtif sekalipun. Hanya saja, perlu diingat bahwa penggunaan dana pinjaman ini haruslah dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Hal ini supaya tidak terlalu membebani Anda.

2. Tidak Membutuhkan Jaminan

Seperti namanya, pinjaman tanpa jaminan maka tentunya tidak membutuhkan jaminan sebagai syarat utamanya. Sangat berbeda dengan pihak pemberi pinjaman lainnya yang biasanya menjadikan jaminan sebagai syarat utamanya. Apalagi apabila Anda sampai berurusan dengan pihak rentenir. Pastinya mereka akan meminta jaminan sebagai syarat utama Anda meminjam.

Jaminan dan juga peraturan yang tidak jelas tentunya adalah hal yang mesti Anda hadapi ketika meminjam ke pihak rentenir. Sesuatu yang bisa dihindari apabila Anda memilih pinjaman yang satu ini. Sebut saja seperti menjaminkan sertifikat rumah, BPKB Kendaraan, perhiasan atau bahkan barang berharga lainnya yang memiliki nilai tinggi.

Hal ini biasanya membuat pihak tersebut memiliki hak bahkan wewenang untuk mengambil alih jaminan tersebut. Sayangnya, hal ini seringkali dilakukan tanpa adanya kompromi apalagi negosiasi lebih lanjut. Terutama bagi para rentenir yang seringkali mengambil alih jaminan penghutang secara sewenang-wenangnya sendiri. Sesuatu yang pastinya sangat merugikan Anda.

3. Proses Pengajuan yang Cepat dan Mudah

Proses dalam mengajukan pinjaman yang berlarut-larut juga patut Anda perhitungkan. Pihak lain atau bahkan rentenir seringkali membutuhkan proses yang berkepanjangan. Mulai dari membutuhkan dokumen-dokumen maupun hal lainnya yang berhubungan dengan proses peminjaman tersebut. Sesuatu yang tidak perlu dilakukan dengan proses peminjaman satu ini.

Tidak berhenti sampai disitu saja, keunggulan berikutnya adalah syaratnya yang tidak terlalu merepotkan bagi mereka yang membutuhkan jaminan. Banyak pemberi pinjaman yang melakukan riset lapangan terlebih dahulu sebelum memberikan pinjaman. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa riset lapangan tersebut biasanya membutuhkan waktu yang lama.

Cerita menjadi lain apabila menggunakan proses pinjaman ini yang tidak perlu melakukan riset lapangan terlebih dahulu. Bahkan sudah banyak pihak yang menawarkan untuk melakukan pengajuan pinjaman yang bisa dilakukan secara online. Cara ini tentunya sangat memudahkan Anda dalam mengajukan pinjaman dalam waktu dekat.

Setelah mengetahui  ketiga keunggulan dari pinjaman tanpa jaminan tentu ada baiknya bagi Anda untuk menjauhi rentenir. Selain tidak ada untungnya sama sekali juga seringkali lebih banyak membawa masalah baru. Bahkan banyak rentenir yang seringkali hanya memanfaatkan kebutuhan pelanggan demi keuntungan dirinya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *