Biografi Bill Gates – Orang Terkaya Sedunia

Biografi Bill Gates – Orang Terkaya Sedunia, Biografi Bill Gates – Orang Terkaya Sedunia

Biografi Bill Gates – Orang Terkaya Sedunia

Biografi Bill Gates – Orang Terkaya Sedunia

Bill Gates
 
Bill Gates atau William Henry Gates III adalah seorang multi miliuner yang namanya selalu berada diurutan pertama daftar orang-orang terkaya di dunia. Bill Gates adalah orang yang mendirikan Microsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Siapapun kita yang pernah menggunakan komputer desktop pastinya juga pernah memanfaatkan karyanya, ya salah satunya adalah sistem operasi Windows.


Bill Gates dilahirkan pada tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington. Ayahnya bernama William H Gates, Sr. Adalah seorang pengacara Dan ibunya bernama Marry Maxwell Gates adalah seorang anggota dewan direktur First Interstate Banc System. Jadi Bill Gates adalah anak dari keluarga yang cukup berada bahkan ada rumor jika kakeknya adalah seorang jutawan pula dimana saat Bill Gates lahir, ia secara hukum telah mendapat jatah warisan kekayaan kakeknya sebesar 1 juta dolar.
 
Bill Gates adalah anak ke dua dari empat bersaudara namun ia menyandang gelar Gates III karena memang generasi Gates yang ketiga. Yang pertama adalah kakeknya, yang kedua ayahnya dan yang ketiga dirinya. Jadi gelar Gates III bukanlah urutan lahirnya namun garis keturunan ke 3 dari keluarga Gates.
 
Bill Gates kecil telah menunjukkan kecerdasannya, ia disekolahkan disekolah yang sangat prestisius yaitu Lakeside School yaitu sekolah khusus pria yang sangat ternama dan modern. Walaupun Bill Gates adalah anak orang kaya dan sejak lahir sudah menjadi miliuner melalui jatah warisan dari kakeknya (menurut Forbes yang disebut orang kaya adalah orang yang memiliki kekayaan bersih minimal 1 juta dolar, jadi Bill Gates bayi termasuk salah satunya) namun Bill Gates bukanlah anak yang cepat puas diri. Orang tuanya sangat menanamkan bahwa ia harus memiliki kecerdasan yang unik yang kelak akan membawanya menuju kesuksesan hidup yang lebih baik lagi.
 
Benarlah pemikiran orang tua Bill Gates. Disekolah Bill Gates mendapatkan pelajaran ekstra komputer, saat itu segala hal yang mempelajari komputer adalah hal yang sangat langka, eksklusif dan mahal. Gates dan teman-temannya sangat tertarik dengan pemrograman komputer menggunakan bahasa pemrograman BASIC. Sangking asyiknya, ia keluar dari kelas matematikanya karena ingin berlama-lama menulis program di komputer tersebut. Saat itu komputer yang digunakannya adalah komputer General Electric dengan sebuah terminal  Teletype Model 33 ASR.
 
Saat itu siswa Lakeside School yang terkenal asyik menulis program komputer adalah Bill Gates, Paul Allen, Ric Weiland, dan Kent Evans. Keempat siswa tersebut kemudian dilarang oleh pihak sekolah menggunakan komputer lagi karena tertangkap basah mengembangkan bug di sistem komputer tersebut. Sebelum keempat siswa tersebut benar-benar dilarang, oleh pihak sekolah mereka disuruh untuk menemukan bug tersebut, namun bukannya menemukan bug itu akan tetapi Bill Gates malah menuju kantor pusat komputer itu dan mempelajari kode sumber berbagai program yang berjalan di sistem tersebut seperti FORTRAN, LISP dan bahasa mesin.
 
Dari situlah pengetahuan Bill Gates akan bahasa pemrograman berkembang. Pada tahun berikutnya, sebuah perusahaan pemrograman yang bernama Information Sciences, Inc. Mendengar kepiawaian empat sekawan ini dan mempekerjakannya untuk menulis program sistem pembayaran gaji dengan menggunakan bahasa COBOL, selain mendapat royalti, mereka juga diizinkan memakai komputer kantor selama mungkin.
 
Pada tahun 1973 Bill Gates lulus dari Lakeside School dengan nilai yang hampir sempurna, kemudian Bill Gates melanjutkan pendidikannya dengan berkuliah di Harvard University namun Bill Gates sudah terlanjur menyibukkan diri dengan menulis bahasa pemrograman sehingga kuliahnya di Harvard pun tak dilanjutkannya. Gates malah lebih senang menghabiskan waktunya bersama teman sekolahnya dulu yaitu Paul Allen.
 
Mendirikan Microsoft
 
Pada tahun 1974 MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 baru saja diluncurkan, dari situlah berkembang idenya untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak dengan menggandeng Paul Allen sebagai mitranya. Bill Gates kemudian menghubungi MITS dan menawarkan operating system berbasis BASIC yang dapat dipakai sebagai platformnya. MITS pun menyetujuinya. Sistem operasi pertamanya ini dinamai Altair Basic. Dan Bill Gates bersama Paul Allen memberikan nama pada perusahaan softwarenya dengan nama “Micro-soft” lalu tanda sambung itu dilain waktu akhirnya dihilangkan sehingga sampai sekarang menjadi “Microsoft” dan Bill Gates menjadi pemegang saham pribadi terbesarnya.
 
Bekerjasama Dengan IBM
 
Keahlian Bill Gates bersama Microsoft dalam menulis bahasa pemrograman untuk komputer semakin dikenal luas. Pada tahun 1980 IBM mengumumkan bahwa ia memerlukan sebuah sistem operasi untuk PC nya dan ia meminta Microsoft untuk membuatkannya. Akhirnya Bill Gates pun membuatkannya dengan nama sistem operasi 86 DOS atau QDOS yang kemudian dikirim ke IBM dalam bentuk PC-DOS. 
 
Dari situ Bill Gates mendapat imbalan $50.000. Microsoft juga tidak mengajukan pemindahan hak cipta perangkat lunaknya pada IBM. Dari situlah akhirnya penjualan MS-DOS menjadikan Microsoft pemain utama perangkat lunak dalam industri komputer. Jika semisal perangkat lunak yang ditulis oleh Bill Gates tersebut lisensinya dijual pada IBM, mungkin IBM yang akan untung besar dan menguasai pasar dan Microsoft tidak bisa sebesar saat ini. Benar-benar revolusioner otak Bill Gates, tidak hanya pintar menghasilkan program yang sederhana namun bermutu tetapi juga pandai dalam menjualnya.
 
Gaya Kepemimpinan Bill Gates
 
Bill Gates terkenal keras pada manajer-manajernya bahkan mungkin “kejam”. Maklumlah itu karena ia memiliki tanggung jawab ganda di Microsoft, selain harus menjadi penulis program aktif dia juga harus memikirkan strategi perusahaan kedepannya agar dapat menjadi pemain utama dan saat telah mencapai puncak harus mati-matian mempertahankannya bahkan kalau perlu memonopolinya.
 
Sering disaat rapat dengan manajernya ia secara spontan memotong presentasi manajernya dan mengatakan “ Itu hal terbodoh yang pernah aku dengar,” tentu saja hal ini sangat memukul perasaan manajernya. Buill Gates juga selalu meminta para manajer di perusahaannya untuk menyampaikan presentasi se detil-detilnya sampai Bill Gates yakin dan menyetujuinya.
 
Tersandung Kasus Hukum
 
Cara Bill Gates berbisnis cenderung anti persaingan dan ingin memonopoli pasar, hal inilah yang membuatnya bermasalah dengan pemerintahan United States. Hal ini terkenal dengan kasus United States v.s Microsoft. Namun hal ini tak membuat Microsoft keder malah Bill Gates bersama Microsoft berani melawannya. (Wow bener-bener keras kepala si Bill Gates pantesan suksesnya tak pernah bisa diungguli sampai sekarang).
 
Keluarga Bill Gates
 
Bill Gates menikah dengan Melinda French pada tanggal 1 Januari 1994. Konon dalam pesta pernikahannya ini menelan biaya sampai triliunan rupiah jika dikurs kan dalam rupiah dan Bill Gates memboking seluruh hotel di kota tempat dia menikah untuk para undangannya.
 
Dari pernikahannya dengan Melinda, Bill Gates dikaruniai tiga orang anak yang bernamaKatharine Gates (lahir 1996), Rory John Gates (lahir 1999), dan Phoebe Adele Gates (lahir 2002). Bill Gates dan Melinda adalah pasangan yang sangat serasi. Melinda adalah wanita cerdas, dia menyadari jika suaminya adalah bukan pria sembarangan melainkan seorang visioner di bidang bisnis perangkat lunak jadi diapun harus bisa mengimbanginya.
 
Rumah Bill Gates
 
Bill Gates dan istrinya serta anak-anaknya mendiami rumah mewah yang berada di Medina menghadap Lake Washington seluas 6100m². Rumah ini dilengkapi swimming poll seluas18m, area gymnasium seluas 230m² dan memiliki ruang makan yang luasnya 93m². Nilai total propertinya adalah $125 juta dan dia harus membayar pajak setiap tahun untuk rumah mewahnya sebesar $991.000.
 
Rumah Bill Gates di Seattle, dibangun diatas tanah 5 hektar dan menelan 53 juta dolar. Dalam rumah tersebut terdapat 7 kamar tidur, 24 kamar mandi dengan 10 diantaranya sangat mewah, 6 dapur, 6 fireplace, bioskop, perpustakaan, ruang bermain keluarga, dan juga fasilitas kesehatan. Ruang bioskop sebesar 1500 kaki dengan 20 tempat duduk dan mesin popcorn. Kolam renang indoor yang dilengkapi dengan underwater music system. Rumah tersebut tentunya dilengkapi dengan komputerisasi yang amat canggih, banyak kabel fiber optik bertebaran.
Berikut ini adalah gambaran rumah Bill Gates :
 






 
 
Kekayaan Bill Gates
 
Sejak tahun 1993 hingga 2007 Bill Gates selalu dinobatkan sebagai orang terkaya di planet ini dengan total kekayaan pernah mencapai $101 miliar dolar namun tahun 2000 menurun harga sahamnya karena adanya kasus dot com. Pda tahun 2010 Bill Gates sempat dikalahkan oleh Carlos Slim Helu seorang Taipan Meksiko namun pada tahun berikutnya dan sampai sekarang ia kembali lagi menempati urutan pertama.
 
Sebenarnya Bill Gates kurang nyaman dengan predikat sebagai orang terkaya di dunia karena hal itu sangat mengganggunya, ia tidak suka perhatian yang muncul akibat predikat tersebut. Yang paling penting bagi dia adalah selalu berinovasi dan berprestasi di bidangnya.
 
Setelah sukses dengan Microsoftnya, Bill Gates juga terjun sebagai investor. Dan ia juga mendirikan yayasan amal Bill and Melinda Gates Foundation.
 
Berikut ini adalah fakta kekayaan Bill Gates
 
1. Bill Gates menghasilkan US$250 setiap detiknya, itu sekitar US$20 juta sehari dan US$7,8 milyar setahun!
 
2. Jika dia menjatuhkan US$1.000, dia bahkan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengambilnya kembali karena sama dengan waktu 4 detik untuk mengambil, dia sudah memperoleh penghasilan dalam jumlah yang sama.
 
3. Utang nasional Amerika sekitar US$5,62 trilyun, jika Bill Gates akan membayar sendiri utang itu, dia akan melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.
 
4. Dia dapat menyumbangkan US$15 kepada semua orang di dunia tapi tetap dapat menyisakan US$5 juta sebagai uang sakunya.
 
5. Michael Jordan adalah atlit yg dibayar paling mahal di Amerika. Jika dia tidak makan dan minum dan tetap membiarkan penghasilannya utuh dalam setahun sejumlah US$30 juta, dia tetap harus menunggu sampai 277 tahun agar bisa sekaya Bill Gates sekarang.
 
6. Jika Bill Gates adalah sebuah negara, dia akan menjadi negara terkaya sedunia nomor ke 37 atau jadi perusahaan Amerika terbesar nomor 13, bahkan melebihi IBM.
 
7. Jika semua uang Bill Gates ditukarkan ke dalam pecahan US$1, kita dapat menyusunnya menjadi jalan dari bumi ke bulan, 14 kali bolak balik. Tapi jalan itu harus dibuat non stop selama 1.400 tahun dan menggunakan total 713 buah pesawat Boeing 747 untuk mengangkut semua uang itu.
 
8. Bill Gates sekarang berumur 59 tahun. Jika kita mengasumsikan dia dapat hidup 35 tahun lagi maka dia harus membelanjakan US$6,78 juta per hari untuk menghabiskan semua uangnya sebelum dia meninggal.
 
9. Tapi! Jika pemakai Microsoft Windows dapat mengklaim US$1 untuk setiap kali komputernya hang karena Microsoft Windows, Bill Gates akan segera bangkrut dalam waktu 3 tahun!
 
Dikesempatan lain juga telah melihat fakta lain dari kekayaan Bill Gates sebagai berikut :
 
– Sejak Microsoft berdiri tahun 1975, dengan asumsi Bill Gates bekerja 14 jam tiap hari kerja maka pendapatannya ialah 300 USD setiap detiknya, sedangkan pendapatannya dalam rupiah ialah 1 detik = 2,5 juta ; 1 menit = 153 juta ; 1 jam = 9,1 milyar ; 1 hari = 220 milyar ; 1 minggu = 1,54 triliun ; 1 bulan = 6,1 triliun ; 1 tahun = 74 triliun.
 
– Jika dia menjatuhkan US$1.000, dia bahkan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengambil kembali karena sama saja dengan waktu 4 detik untuk mengambil, dia sudah memperoleh penghasilan dalam jumlah yang sama.
 
– Dengan perhitungan diatas, maka Bill Gates hanya butuh waktu kurang dari 1 detik untuk membeli sebuah Xbox atau PS2, atau sekitar 3 detik, maka ia akan mendapat Xbox, PS2, Gamecube lengkap dengan Televisi. Untuk memboyong sebuah mobil kijang, beliau hanya butuh waktu 80 detik. Mungkin beliau bisa berbasa-basi ngobrol dengan SPG nya selama 80 detik sambil menunggu penghasilannya mencapai 200 juta rupiah.
 
– Tiket pesawat Boeing 747-400 sekitar USD 1200 ( sekitar Rp. 10 juta ), Bill Gates mampu membeli 261 pesawatnya bukan tiketnya.
 
– Jika Bill Gates pergi ke rental multiplayer dengan tarif sektiar 5000 / jam, maka dengan seluruh uangnya dapat bermain selama kurang lebih 77625 abad.
 
– Jika harga majalah GameStation sekitar Rp. 20.000, maka Bill mampu beli sebanyak 17 milyar examplar. ( Kantornya juga mungkin bisa dibeli ) Harga ini juga relatif sama dengan harga cd bajakan, jadi Bill bisa membeli 17 milyar keping cd.
 
– Pesawat ulang alik NASA kurang lebih seharga 1,7 milyar dolar ( Rp 14,5 triliun ). Bill Gates bisa membeli 23 buah dan masih menyisahkan Rp 7,6 triliun.
 
– Film TITANIC menelan biaya 200 juta dolar, Bill Gates mampu membuatnya 200 kali.
 
– Berinternet dengan Telkomnet Instan, dengan tarif sekitar Rp. 10000 / jam, maka Bill Gates bisa berinternet 38812 abad NON-STOP.
 
– Dengan menggunakan uang pecahan 5 US Dolar, kekayaan Bill Gates bisa menutupi Manhattan, New York.
 
– Bila menggunakan uang pecahan 1 US dolar, dengan uang sebanyak itu Bill Gates bisa menyambung lembaran uang tersebut sepanjang 8x jarak bumi ke bulan. Bila dengan uang pecahan Rp 1000, maka bisa sepanjang 68x jarak bumi ke bulan.
 
– Jumlah penduduk bumi 17 Maret 2003 ialah 6,280,902,951. Bill bisa memberi kurang lebih Rp. 54000 untuk tiap orang dan masih menyisahkan Rp 831 milyar untuk dirinya sendiri dan keluarganya.
 
– Roman Abramovic, raja minyak Rusia yang membeli Chelsea, memiliki kekayaan sekitar 13,4 milyar dolar ( sekitar Rp 120,6 triliun). Kekayaan Bill Gates kurang lebih 5x Roman. Jadi jika Bill membeli sebuah klub bola, dia bisa belanja 5x lebih banyak dari Roman. Analoginya jika Chelsea belanja 200 juta dolar untuk beli pemain, maka klub yang dibeli Bill Gates akan belanja 1000 juta dolar, cukup untuk membuat klub elit yang pemainnya sekelas Ponaryo, Rooney, Ronaldo, Messi, Robinho, Kaka.
 
Yang patut digarisbawahi dari semua ini adalah Bill Gates tidak membangun kesuksesannya dalam satu malam tapi bertahun-tahun. Benar jika dia beruntung dilahirkan dari orang tua yang kaya dan memiliki otak cerdas namun jika tanpa kerja keras dan kerja cerdas serta visi yang tinggi tak mungkin ia bisa sesukses sekarang ini. Bisa saja ia waktu kecil tak menyadari potensinya dan akhirnya berkembang menjadi orang yang pertengahan saja seperti orang tuanya namun ia memilih untuk berkembang menjadi orang yang luar biasa dan unik. 
 
Saat ia mengembangkan Microsoft, ia hanya tidur selama 8 jam saja seminggu itu berarti hanya satu jam lebih sedikit per hari. Usaha dan kerja kerasnya didukung oleh visi yang tinggi membuatnya meraih kesuksesan seperti saat ini, jadi bukan hanya faktor keberuntungan saja.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Biografi Bill Gates – Orang Terkaya Sedunia, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Biografi Bill Gates – Orang Terkaya Sedunia berguna untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *