4 Berita Hari Ini yang Menyangkut Soal Pendidikan di Indonesia

Berita hari ini tentang pendidikan di Indonesia selalu jadi angin segar. Masyarakat luas selalu menunggu apakah hasil dari belajar semasa sekolah? Bagaimana suasana pendidikan Indonesia saat ini? Di posisi manakah pendidikan Indonesia saat ini untuk taraf internasional? Terkait hal itu, inilah 4 pilihan berita yang khusus menyangkut pendidikan Indonesia.

pertama-kali-pendidikan-diniyah-formal-gelar-ujian-akhir-berstandar-nasional-CNX-thumb

Lolosnya 2 Mobil karya ITS dalam Inspeksi SEM ASIA 2018

Mobil karya anak-anak ITS kembali menyabet predikat yang menyenangkan dalam inspeksi SEM ASIA. Kedua mobil tersebut lolos karena menerapkan konsep hemat energi yang selalu jadi penilaian siapa yang lebih unggul. SEM ASIA kali ini dihelat di Changi Exhibition Center, Singapura.

Memangnya berapa tim yang terdaftar dalam SEM ASIA? Cukup banyak, yakni 124 tim. Sedangkan dari Indonesia yang diikutkan dalam inspeksi itu sekitar 25 tim yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Adapun penilaian agar lolos inspeksi, maka harus lolos uji driver, berat kendaraan, rem, verifikasi energi, dan lainnya.

Ada 3 SD Negeri di Rembang yang Tidak Menggelar USBN

USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional memang digelar di berbagai sekolah dalam negeri. Namun miris, rupanya ada 3 SD negeri di Rembang yang tidak menggelar USBN. Tiga SD tersebut bernama SDN 3 Tengger, SDN 4 Tahunan, dan SDN 3 Sendangcoyo. Alasan kenapa tidak menggelar USBN adalah karena tidak adanya siswa kelas 6.

Problematika ini wajib menjadi bahan renungan bersama. Terutama untuk pemerintah yang memiliki badan akreditasi sekolah. Fakta yang memilukan dalam berita hari ini adalah kelas 6 di tiga sekolah dasar itu sama sekali belum terakreditasi oleh pemerintah. Sedangkan pihak sekolah masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah pusat.

Luar Biasa! Mahasiswa IAIN Jember Bikin Program di Stasiun TV

Stasiun TV tanpa program yang bermutu jelas akan mengalami kemunduran secara perlahan. Untuk itulah mahasiswa IAIN Jember, khususnya yang mengambil prodi KPI pun berinisiatif membuat program yang bernilai keislaman. Sesuai dengan visi-misi jurusan itu sendiri. Beberapa program yang tercipta antara lain Daily Movie, Program Modern Muslim, dll.

Sedangkan stasiun TV yang disambangi oleh mahasiswa IAIN Jember mulai dari JTV, BBS, SBO TV, Radio Gen FM, dan lainnya. Dalam berita hari ini terupdate, mahasiswa tersebut mampu mewarnai program televisi di stasiun TV tersebut. Praktik tersebut dilakukan sesuai dengan prodi-nya masing-masing, mulai dari radio, surat kabar, televisi, dan lainnya.

Pertukaran Pelajar Antara Polije dan JAHVC Tiongkok Lancar

Program pertukaran pelajar selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa di sebuah perguruan tinggi. Dalam program kali ini, terdapat 20 mahasiswa dari JAHVC (Jiangsu Agri-Animal Husbandry Vocational College) yang belajar di Polije atau Politeknik Negeri Jember. Sedangkan dari Polije sendiri meluncurkan 35 mahasiswa.

Polije punya visi menjadi kampus yang terkemuka se-Asia tahun mendatang. Sampai detik ini, visi tersebut sudah mulai menampakkan hasilnya. Teknologi dalam pendidikan yang berlangsung mulai setaraf dengan universitas di Asia lainnya. Kalau visi tersebut berhasil, maka Polije pun akan masuk World Class University, sesuai dengan targetnya selama ini.

Itulah 4 pilihan berita hari ini yang patut disimak oleh masyarakat luas. Khususnya untuk Anda yang hendak mengetahui informasi yang beredar seputar dunia pendidikan Indonesia. Kenyataannya, pendidikan kita tengah mengalami evolusi yang cukup memuaskan. Sudah sepatutnya kita bangga dengan capaian saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *